Hi ALL ,  welcome  |  MY SITE  |  PLEASE READ  |  THANK'S YOU ALL
Selamat datang di online learning, Ayo, terus belajar dan ilmu adalah teman yang paling baik. (kritik dan saran hubungi mhharismansur@gmail.com atau Hp. 081329653007)

Tips Memberikan Makanan Bernutrisi Pada Balita

Written By mhharismansur on Rabu, 02 Januari 2013 | 08.21


Setiap orangtua pasti menginginkan anaknya tumbuh sehat dan cerdas. Setiap orangtua ingin semua anaknya tumbuh dengan optimal, memiliki kecerdasan yang luar biasa, serta terhindar dari berbagai jenis penyakit yang membahayakan dirinya. Tentu saja, ini tidak sekadar keinginan semata perlu ditunjang dengan langkah nyata apa yang harus dilakukan untuk mendapatkan hal tersebut. Salah satu yang harus dilakukan adalah dengan memberikan nutrisi bagi anak-anak. Karenanya tak heran jika orangtua, walau mungkin dalam kondisi tidak mampu pun akan  selalu mengusahakan asupan nutrisi yang lengkap dan seimbang bagi anaknya.
Lantas, bagaimana tips memberikan makanan bernutrisi pada balita? Darimana saja nutrisi akan didapatkan?   Nutrisi yang lengkap bisa diperoleh dari berbagai jenis bahan makanan. Karbohidrat merupakan salah satu zat nutrisi yang paling diperlukan tubuh anak sebagai cadangan energi. Karbohidrat ini banyak ditemukan pada jenis serealia (beras merah, beras putih, gandum, oat) dan umbi-umbian (ubi jalar, singkong, kentang, bengkuang). Namun, alangkah lebih baik jika Anda memilihkan makanan sumber karbohidrat yang juga berserat tinggi seperti gandum utuh dan olahannya (roti gandum dan sereal sarapan). Karbohidrat dan serat adalah pasangan sempurna bagi tercukupinya kebutuhan energi anak, namun juga mampu menghindarkan anak dari risiko obesitas karena serat membuat anak merasa kenyang lebih lama.
Tips memberikan makanan bernutrisi pada balitalainnya adalah dengan memberikan buah dan sayur sebagai makanan pentingnya. Serat yang terkandung dalam buah-buahan dan sayuran segar sangat baik untuk melancarkan metabolisme dalam tubuh anak. Kedua jenis makanan ini juga kaya akan vitamin dan mineral. Anda boleh memberikan buah dan sayur sebanyak-banyaknya pada anak serta anak tidak perlu canggung untuk mengonsumsi buah dan sayur sepuas mereka. Masalahnya memang tidak semua anak suka dengan sayur, banyak anak yang ogah makan sayur. Jangankan makan, melihat brokoli, wortel, atau kacang panjang di piringnya saja, anak langsung ngumpet.
Nah, untuk menghadapi ini, Anda bisa menyembunyikan atau menyulap sayuran menjadi bentuk lain. Tambahkan wortel parut atau brokoli cincang dalam adonan kroket kentang. Naikkan nilai nutrisi makaroni schotel dengan membubuhkan buncis cincang, dan bayam yang dihaluskan dalam sup krim jagung. Kreatifitas Anda dalam menyulap sayur menjadi makanan yang lebih menarik akan memicu anak untuk tetap bisa mengonsumsi sayur tanpa perlu dipaksa. Sayur menjadi pilihan menarik bagi mereka untuk dimakan dengan berbagai kreasinya yang menawan. Anda sudah siap berkreasi?
Tips memberikan makanan bernutrisi pada balita adalah dengan melakukan pengawalan pada pola makannya.  Seringkali anak memiliki kebiasaan makan yang berubah-ubah. Bisa saja hari ini anak makan semangkuk penuh sup ayam, tapi keesokan harinya ia tak mau menyentuh piringnya sama sekali. Bisa saja dia bosan dengan buah dan memaksa ingin makan es krim semangkuk penuh. Anda bisa mengatasinya dengan bijak, Anda tak perlu gusar dan takut anak menjadi kurus karena susah makan. Anda tidak perlu gelisah menghadapi naik dan turunnya kebiasaan makan buah hati Anda. Seperti halnya orang dewasa, ada kalanya mereka tak bernafsu makan. Bisa jadi karena bosan dengan menu yang ada atau sedang tak enak badan. Tetap tawarkan makanan seperti biasa. Jika ia menolak, berikan camilan bergizi seperti salad buah atau puding susu. Mari berikan makanan bernutrisi bagi balita dan kawal terus pertumbuhannya dengan baik.
sumber : klik disini
pengetahuan terkait
  • Berat Badan Ideal Balita
  • Manfaat Makanan Bernutrisi Baik Bagi Balita
  • Tips Memberikan Makanan Bernutrisi Pada Balita
  • Kebutuhan Nutrisi Anak Pra Sekolah
  • Gizi Seimbang Untuk Balita Aktif
  • Diet Pada Balita, Perlukah?
  • Tips Menyajikan Makanan Bayi Bagi Ibu Bekerja
  • Nutrisi Dan Tumbuh Kembang Balita 2-5 Tahun
  • Fakta Seputar Gizi Balita di 5 Tahun Pertama
  • Yuk, Batasi Konsumsi Gula Pada Anak
  • Tidak ada komentar:

    Posting Komentar