Hi ALL ,  welcome  |  MY SITE  |  PLEASE READ  |  THANK'S YOU ALL
Selamat datang di online learning, Ayo, terus belajar dan ilmu adalah teman yang paling baik. (kritik dan saran hubungi mhharismansur@gmail.com atau Hp. 081329653007)

Gizi Seimbang Untuk Balita Aktif

Written By mhharismansur on Selasa, 01 Januari 2013 | 07.20


Bagaimana memenuhi Gizi Seimbang Untuk Balita Aktif?
Masa balita merupakan masa penting untuk pertumbuhan dan perkembangan fisik dan mentalnya. Pada masa ini, balita membutuhkan asupan makanan yang bergizi dan stimulant yang tepat. Pada masa ini, balita memiliki rasa ingin tahu yang besar tentang berbagai hal yang terjadi di lingkungannya. Berbagai hal yang ada dapat menjadi bahan belajar bagi balita. Stimulan, dan pengalaman yang didapat dari lingkungan akan membuat kecerdasan otak, mental, sosial, emosi, dan kecerdasan lainnya berkembang, seiring dengan asupan makanan yang bergizi.
Secara umum, kebutuhan gizi pada balita berbeda dengan kebutuhan gizi pada orang dewasa, baik porsinya, komposisinya, dan jenis zat gizinya. Lalu, apakah balita juga membutuhkan pola makan dengan gizi seimbang? Pola makan dengan gizi seimbang tidak hanya untuk orang dewasa saja. Balita juga membutuhkan asupan gizi dengan menu seimbang. Sebagai orangtua memang harus memperhatikan asupan gizi untuk balita yang aktif. Gizi yang seimbang untuk balita yang aktif, memang harus diberikan setiap hari.
Apakah Gizi Seimbang Untuk Balita Aktif?
Balita dalam masa pertumbuhan dan perkembangan yang pesat, tentu saja membutuhkan zat gizi yang sesuai dengan kebutuhannya. Gizi seimbang untuk balita aktif sangat dibutuhkan untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan baik fisik maupun mentalnya.
Apakah yang dimaksud dengan makanan bergizi seimbang?Makanan bergizi seimbang adalah makanan yang mengandung unsur makronutrien, mikronutrien, air, dan serat dalam komposisi yang seimbang sesuai dengan kebutuhan baik usia, aktifitas fisik, dan kondisi tubuh. Gizi seimbang untuk balita, agak sedikit berbeda dengan orang dewasa. Balita membutuhkan karbohidrat, lemak, protein, vitamin, dan mineral, dalam jumlah yang sesuai untuk usia, dan aktifitas yang dilakukan. Mungkin saja, kebutuhan zat gizi pada balita aktif lebih tinggi daripada orang dewasa, dengan porsi yang kecil dan sering. Pemberian asupan gizi untuk balita aktif harus lebih sering, karena kapasitas perut yang masih kecil. Hal itu agar gizi balita dapat menunjang perkembangan dan pertumbuhan tubuh dan untuk aktifitas fisiknya sehari-hari.
Bagaimana Peranan Gizi Seimbang Untuk Balita Aktif?
Pola makan dengan gizi yang seimbang untuk balita yang aktif, dapat digambarkan seperti bentuk piramida. Pada bagian dasar dari bentuk piramida, sebagai porsi terbesar adalah karbohidrat. Zat gizi karbohidrat antara lain nasi, jagung, kentang, sereal, jenis tepung-tepungan, dan lain-lain.
Zat gizi urutan kedua adalah vitamin dan mineral. Vitamin dan mineral terdapat pada sayuran dan buah-buahan. Indonesia merupakan Negara yang kaya akan jenis sayuran dan buah-buahan, hal ini merupakan satu keuntungan, sehingga bagi orangtua tidak perlu kuatir untuk dapat memenuhi asupan makanan bagi balitanya. Sayuran dapat disajikan dengan memasaknya terlebih dulu. Sedangkan, buah-buahan dapat dikonsumsi secara langsung atau dibuat minuman jus yang menyegarkan. Protein adalah zat gizi selanjutnya yang tidak boleh dilupakan. Zat gizi protein banyak terdapat dalam berbagai jenis daging, ikan, telur, dan kacang-kacangan.
Sebaiknya, orangtua mengenalkan berbagai jenis makanan yang mengandung protein secara bergantian. Hal itu untuk mengenalkan balita aktif dengan berbagai jenis makanan yang ada. Namun, orangtua perlu memperhatikan saat balita mengkonsumsi jenis makanan tertentu, apabila timbul alergi pada balita, sebaiknya hentikan dahulu pemberian jenis makanan yang menimbulkan alergi. Setelah balita sembuh dari reaksi alergi, makanan tersebut dapat diberikan sedikit demi sedikit.
Pada urutan terakhir dari piramida makanan untuk balita aktif yaitu lemak dan gula. Hal yang perlu diingat oleh orangtua adalah lemak dan gula bukanlah pengganti karbohidrat. Makanan yang tinggi lemak dan gula, akan dapat membuat anak mengalami kelebihan berat badan. Dan hal itu berbahaya bagi kesehatan anak. Hal yang mungkin tidak boleh dilupakan adalah berikan balita aktif susu. Susu baik untuk perkembangan tubuh dan otaknya. Karena susu memiliki zat gizi yang relative lengkap. Produk susu dan olahannya menjadi sumber gizi yang sangat baik bagi balita. Ada baiknya, balita aktif diberikan susu yang sesuai dengan usia dan kebutuhan fisiknya. Saat ini, di pasaran ada banyak merk susu yang diformulasikan sesuai dengan usia balita. Biasanya, susu tersebut komposisi zat gizinya disesuaikan dengan kebutuhan balita.
Agar gizi seimbang untuk balita aktif dapat terpenuhi, ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya saat balita mengkonsumsinya dalam pengawasan orangtua, antara lain: makanan siap saji, makanan instant, makanan yang mengandung pengawet, pewarna, dan pemanis buatan, makanan yang mengandung MSG, makanan mentah atau diolah ½ matang, makanan yang tinggi kadar garam atau gula, dan jajanan yang dijual di pinggir jalan.
sumber : klik disini
pegetahuan terkait
  • Berat Badan Ideal Balita
  • Manfaat Makanan Bernutrisi Baik Bagi Balita
  • Tips Memberikan Makanan Bernutrisi Pada Balita
  • Kebutuhan Nutrisi Anak Pra Sekolah
  • Gizi Seimbang Untuk Balita Aktif
  • Diet Pada Balita, Perlukah?
  • Tips Menyajikan Makanan Bayi Bagi Ibu Bekerja
  • Nutrisi Dan Tumbuh Kembang Balita 2-5 Tahun
  • Fakta Seputar Gizi Balita di 5 Tahun Pertama
  • Yuk, Batasi Konsumsi Gula Pada Anak
  • Tidak ada komentar:

    Posting Komentar