Hi ALL ,  welcome  |  MY SITE  |  PLEASE READ  |  THANK'S YOU ALL
Selamat datang di online learning, Ayo, terus belajar dan ilmu adalah teman yang paling baik. (kritik dan saran hubungi mhharismansur@gmail.com atau Hp. 081329653007)

Nutrisi Penghambat Kanker Usus Besar

Written By mhharismansur on Jumat, 29 Maret 2013 | 14.41


Salah satu penyakit ganas yang mengintai masyarakat modern adalah penyakit kanker. Penyakit ini termasuk penyakit ganas yang mematikan. Banyak penderita penyakit kanker yang sulit untuk disembuhkan. Penyakit kanker mucul saat sel tubuh bermutasi menjadi sel kanker yang tumbuh dengan cepat di dalam tubuh. Pertumbuhan sel kanker seringkali sulit untuk dikontrol. Sel kanker yang tumbuh dengan cepat dapat merusak jaringan tubuh. Organ tubuh yang ada sel kankernya pun terganggu. Beberapa hal yang bisa mencegah terjadinya penyakit kanker adalah gaya hidup yang sehat. Salah satu penyakit kanker yang muncul yaitu kanker usus besar. Kanker ini bisa dicegah dengan pemberian nutrisi penghambat kanker usus besar. Apa saja nutrisi penghambat kanker usus besar?
Kanker usus besar mengganggu fungsi organ kolon atau usus besar sehingga saluran pencernaan pun terganggu. Kolon merupakan tempat penyimpanan sisa makanan yang harus dikeluarkan. Selain itu, kolon juga merupakan tempat penyerapan air, elektrolit, dan asam empedu. Fungsi kolon yang terganggu membuat sisa zat gizi tidak terserap dengan baik. Penyebaran sel kanker usus besar dapat merusak keseluruhan organ pencernaan. Namun, penyebaran sel kanker usus besar dapat dihambat dengan pemberian nutrisi yang tepat.
Tubuh yang memiliki daya tahan yang baik tentunya ditunjang oleh asupan makanan yang bernutrisi tinggi. Nutrisi yang dapat menambah daya tahan tubuh di antaranya zinc, vitamin A, dan zat besi. Jika asupan zat-zat penting tersebut kurang maka kekebalan tubuh pun akan berkurang sehingga tidak mampu menahan sel pembentuk kanker yang disebut karsinogen. Selain itu, kanker juga dapat dihambat dengan konsumsi makanan rendah lemak dan berserat tinggi. Ditambah dengan konsumsi makanan yang memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dapat menghambat sel kanker. Nutrisi-nutrisi yang memiliki kandungan oksidan tinggi di antaranya vitamin C, selenium. Nutrisi tersebut dapat mengangkal seranggan radikal bebas yang ada di udara, air, dan makanan.
Beberapa nutrisi penghambat kanker usus besar di antaranya serat dari bahan makanan nabati yang dapat melunakkan kotoran sehingga kolon pun lebih sehat. Serat terdapat dalam sayur-sayuran dan buah-buahan. Selain itu, sayuran seperti wortel dan ubi yang berwarna kuning mengandung betakaroten.  Vitamin E yang terdapat dalam jagung dan sayuran berdaun hijau pun sangat baik untuk menghambat sel kanker usu besar.
sumber : klik disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar