Hi ALL ,  welcome  |  MY SITE  |  PLEASE READ  |  THANK'S YOU ALL
Selamat datang di online learning, Ayo, terus belajar dan ilmu adalah teman yang paling baik. (kritik dan saran hubungi mhharismansur@gmail.com atau Hp. 081329653007)

Macam-Macam Kanker Pada Anak

Written By mhharismansur on Jumat, 29 Maret 2013 | 14.22


Macam-macam kanker pada anak sebaiknya diketahui oleh para orang tua berikut dengan tanda-tandanya, agar jika terindikasi adanya gejala kanker, anak akan mendapatkan perawatan lebih dini dan penanganan yang baik. Karena hanya dengan cara ini kanker pada anak bisa diobati. Kanker pada anak membutuhkan keahlian dan sarana prasarana yang khusus, sehingga tidak bisa ditangani sembarangan. Kanker pada anak sangat berpengaruh kepada orang-orang di sekitarnya, seperti orang tua, saudara, sekolah, dokter, perawat, serta masyarakat sekitarnya.
Kanker pada anak sebaiknya dikenali lebih dini, karena itu sebaiknya anda mengetahui betul apa saja penyebab, tanda-tanda, dan bagaimana cara mengobatinya. Banyak sekali tempat yang bisa anda kunjungi untuk mendapatkan informasi tentang kanker anak, yaitu rumah sakit, website di internet dan lain sebagainya. Pencegahan kanker sebenarnya bisa dilakukan orang tua semenjak anak dalam kandungan, yaitu dengan memakan banyak makanan yang mengandung folat. Folat terbukti dapat meminimalisir terjadinya kanker pada anak.

Jenis-Jenis Kanker Pada Anak

Jenis kanker yang sering sekali dijumpai pada anak-anak adalah leukemia. Sebenarnya, dengan pengobatan yang tepat, penderita leukimia memiliki harapan sembuh. Gejala leukimia yang umum muncul antara lain pendarahan yang tidak jelas sebabnya, demam, pembengakan pada perut, wajah pucat, nyeri pada tulang dan lain-lain.
Kanker otak juga salah satu kanker yang cukup sering terjadi pada anak-anak. Kanker otak bisa mengganggu fungsi organ tubuh serta struktur susunan syaraf pusat sebab kanker otak tumbuh di dalam rongga yang terbatas. Gejala kanker otak yang sebaiknya diwaspadai adalah sakit kepala yang disertai rasa mual hingga muntah yang cukup sering terjadi. Gejala tersebut mungkin disertai penurunan daya penglihatan, hilangnya kesadaran atau perubahan perilaku. Pada bayi yang menderita kanker otak seringkali ditemukan penonjolan pada ubun-ubun. Tanda lainnya yang perlu diwaspadai adalah jika terdapat gangguan pada keseimbangan tubuh, gangguan bicara, kejang serta melemahnya anggota gerak.
Macam-macam kanker pada anak yang lain adalahretinoblastoma, ini adalah jenis kanker mata yang cukup sering ditemukan pada anak-anak. Gejala yang biasanya muncul ialah adanya titik putih di bagian tengah mata yang seolah bersinar bila kena cahaya, inilah yang sering disebut dengan mata kucing. Tanda-tanda lainnya yang perlu diwaspadai adalah terganggunya penglihatan, mata menjadi juling dan jika kanker sudah mencapai stadium tertentu, maka bola mata akan terlihat seperti menonjol keluar. Masih banyak lagi jenis kanker yang bisa ditemui pada anak, bagi para orangtua, sebaiknya anda waspada terhadap penyakit ini pada anak anda, jika terdapat gejala yang disebutkan, sebaiknya segera memeriksakan hal tersebut ke dokter agar anak mendapatkan penanganan yang lebih dini.

Mencegah Kanker Pada Anak

Banyak hal yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya kanker pada anak. Sebenarnya anda bisa mencegahnya sejak dini semenjak anak dalam kandungan, yaitu memakan makanan yang mengandung banyak folat seperti jeruk, kurma, alpukat, strawberry, bayam, kacang-kacangan, brokoli, dan lain sebagainya. Kurangi mengkonsumsi makanan cepat saji untuk anak-anak. Jauhkanlah anak-anak dari makanan yang mengandung pengawet atau bahan makanan berbahaya yang sering dijual di pasar atau di pinggir jalan. Macam-macam kanker pada anak seharusnya membuat para orangtua semakin waspada. Agar dapat mengurangi kemungkinan terserang kanker anak.
sumber : klik disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar