Hi ALL ,  welcome  |  MY SITE  |  PLEASE READ  |  THANK'S YOU ALL
Selamat datang di online learning, Ayo, terus belajar dan ilmu adalah teman yang paling baik. (kritik dan saran hubungi mhharismansur@gmail.com atau Hp. 081329653007)

Pengaruh Psikologis Anak Yang Menderita Kanker

Written By mhharismansur on Jumat, 29 Maret 2013 | 14.45


Anak yang menderita penyakit berat seperti kanker tentu saja mendapat efek samping secara psikologis yang cukup berat di usianya. Dengan kanker di dalam tubuhnya, selama kanker belum hilang, anak akan merasakan kegelisahan, ketakutan dan stress dalam hidupnya. Perasaan seperti ini normal sebagai respon terhadap perubahan dalam hidup. Apakah pengaruh psikologis pada anak yang menderita kanker bisa memperburuk kesehatan tubuhnya?
Anggota keluarga juga akan merasakan efek samping psikologis seperti ini karena mereka akan merasakan kegelisahan dan ketakutan akan kehilangan orang tersayang dalam waktu cepat. Rasa marah juga akan muncul karena mereka merasa tidak bisa berbuat sesuatu yang lebih untuk membantu kesembuhan orang tersayangnya. Dengan adanya anggota keluarga terserang kanker maka kemungkinan pekerjaan rumah akan semakin menumpuk.
Hal-hal seperti itu akan membuat stress siapapun dalam hidup ini. Siapapun yang menerima diagnosa terkena kanker bisa merasakan stress dan depresi seperti itu bahkan setelah kanker telah menjalani pengobatan selama bertahun-tahun, rasa itu akan tetap ada. Sebenarnya sikap positif pada penderita kanker akan membantu kekuatan mentalnya meningkat dan membuat tubuhnya lebih bertahan terhadap serangan kanker ganas itu.
Pengaruh psikologis pada anak yang menderita kanker merupakan beban yang sangat berat bagi dirinya juga keluarga. Setiap orang harus mau bahu membahu melakukan hal-hal yang membuat setiap dirinya menjadi lebih kuat. Kuat menghadapi proses penyembuhan dan menyiapkan diri menghadapi segala risiko yang mungkin akan diterimanya. Anak yang menderita kanker mungkin akan mudah teriritasi dan menjadi pribadi yang  berbeda.
Perubahan kepribadian anak yang dipicu oleh diagnosa kanker dari dokter yang harus siap diterima oleh seluruh anggota keluarga. Siapa yang ingin orang tersayangnya terserang kanker? Siapa yang bisa disalahkan atas penyakit ini? Tidak ada. Semua ini merupakan ujian dari Yang Maha Kuasa dan manusia diwajibkan untuk terus tabah dan mau menerima setiap keputusanNya dengan terus berusaha dan mencari jalan terbaik untuk keluar dari permasalahan.
Orang percaya bahwa pikiran bis amenjadi kendali yang hebat dalam mengatasi penyakit serius seperti kanker. Pengaruh psikologis pada anak yang menderita kanker harus diiringi dengan kekuatan pikiran si penderita dan orang terdekatnya. Menjadi lebih kuat, tabah dan terus semangat.
sumber : klik disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar