Hi ALL ,  welcome  |  MY SITE  |  PLEASE READ  |  THANK'S YOU ALL
Selamat datang di online learning, Ayo, terus belajar dan ilmu adalah teman yang paling baik. (kritik dan saran hubungi mhharismansur@gmail.com atau Hp. 081329653007)

Kanker Paru pada Anak

Written By mhharismansur on Jumat, 29 Maret 2013 | 14.35


Kanker paru sering dijumpai terjadi pada perokok. Akan tetapi, bukan berarti kanker paru tidak bisa terjadi pada anak. Lalu, bagaimana kanker paru pada anak bisa terjadi, serta bagaimana kanker paru yang terjadi pada anak?
Paru pada anak tentu belum sesempurna paru pada orang dewasa, sehingga saat anak terserang kanker paru, tentu hal ini bisa sangat berbahaya bagi anak. Anak-anak yang terkena kanker paru akan menderita flu dan kesulitan bernapas sehingga ia bernapas dengan suara mendesah. Ia juga menjadi lemah, tidak tertarik untuk bermain, cengeng atau tergantung pada orang tua, dan bisa juga menjadi depresi.
Penyebab
Penyebab kanker paru pada anak bisa beragam, tergantung jenis kanker yang diderita si anak. Bila si anak menderita kanker jenis sel kecil karsinoma, biasanya ini terjadi karena pengaruh asap rokok. Jenis kanker ini cepat berkembang dalam tubuh. Bila si anak menderita kanker paru metastic, ini bisa terjadi akibat adanya kanker lain dalam tubuh. Ada juga kanker jenis karsinoma bukan sel kecil yang umum terjadi, dan biasanya perkembangannya sangat lambat.
Gejala
Gejala kanker paru pada anak bisa disalahartikan oleh orang tua sebagai gejala penyakit asma karena gejalanya memang mirip. Anak akan memiliki napas yang pendek dan mendesah, batuk yang tak mau pergi, hingga kelelahan. Pada stadium yang lebih tinggi, leher dan wajah anak akan bengkak, berat badan berkurang, sakit di dada, pneumonia, hingga muntah darah.
Pengobatan
Pengobatan kanker paru pada anak tentu saja memerlukan pertolongan dokter. Dokter akan memberikan metode pengobatan berdasarkan stadium kanker paru. Bisa melalui operasi, radioterapi, ataupun dengan cara kemoterapi untuk mengambil atau membunuh sel kanker. Bisa juga dokter memberikan obat-obatan untuk mencegah faktor-faktor yang dapat memicu perkembangan sel kanker.
Pencegahan
Kanker paru pada anak pun dapat dicegah dengan menerapkan gaya hidup sehat pada keluarga. Jangan biarkan anak terpapar asap rokok dan jangan merokok di dekat anak. Berikan makanan sehat untuk anak seperti sayur dan buah untuk menangkal radikal bebas.
sumber : klik disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar