Hi ALL ,  welcome  |  MY SITE  |  PLEASE READ  |  THANK'S YOU ALL
Selamat datang di online learning, Ayo, terus belajar dan ilmu adalah teman yang paling baik. (kritik dan saran hubungi mhharismansur@gmail.com atau Hp. 081329653007)

Kebiasaan Kecil Penyebab Cedera Mata

Written By mhharismansur on Jumat, 14 Desember 2012 | 05.29


Cedera mata bisa terjadi kapan saja dan kepada siapa saja tidak terkecuali  pada anak-anak sekalipun. Dan tidak menutup kemungkinan bahwa cedera mata itu sendiri terjadi pada saat berada dirumah. Memang seharusnya rumah merupakan tempat bersantai dan area paling nyaman dalam menikmati kegiatan pribadi ataupun kegiatan bersama keluarga. Akan tetapi terkadang situasi ini mengakibatkan sesorang melupakan hal-hal kecil yang membahayakan diri mereka sendiri, dan salah satunya dapat menyebabkan cedera pada mata.
Banyak sekali kebiasaan kecil yang apabila diremehkan akan mengakibatkan hal yang  berbahaya. Sedikit diantaranya adalah sebagai berikut :
  • Air mendidih. Tidak sedikit orang yang terbiasa memasak air dan melakukan hal lain agar tidak terlalu lama menunggu. Akan tetapi terkadang sifat pelupa bisa membuat segalanya berbeda. Hal ini akan menjadi masalah apabila ada anak kecil disekitar dapur tempat memasak. Sehingga wajib waspada terhadap hal kecil yang bisa membahayakan
  • Bahan pembersih. Penggunaan bahan pembersih seperti pembersih porselin mengandung bahan kimia yang sangat berbahaya. Sehingga perlu sekali menempatkannya ditempat yang jauh dari jangkauan anak-anak
  • Obat pembasmi serangga. Senada dengan bahan pembersih, obat pembasmi ini juga banyak mengandung bahan berbahaya. Terlebih lagi apabila obat pembasmi serangga ini dalam bentuk semprot, sehingga memudahkan siapa saja menggunakannya termasuk juga anak-anak
  • dan sebagainya
Melihat pentingnya menjaga anak walaupun mereka berada dirumah, hal-hal kecil diatas haruslah diperhatikan secara teliti. Jangan sampai kebiasaan buruk dapat membahayakan anak-anak. Teliti dan perhatikan segala kemungkinan-kemungkinan yang bisa membahayakan anak-anak. Dan selalu waspada terhadap kegiatan mereka.
Selain beberapa  penyebab diatas masih banyak sekali hal-hal yang bisa membahayakan mata si kecil termasuk diantaranya  anak tangga. Cedera mata akibat terjatuh dari anak tangga tidak sedikit yang pernah mengalaminya. Mata anak menjadi lebam kelihatan kehitaman dari luarnya. Hal ini harus segera ditindaklanjuti karena bukan tidak mungkin bagian dalam mata juga mengalami cedera yang serius.
Apabila dalam rumah terdapat anak tangga, maka kewajiban orang tua mengawasi anak-anak lebih teliti lagi atau mungkin penggunaan pengaman sederhana. Misalnya didepan anak tangga terdapat benda untuk mencegah anak naik tanpa sepengetahuan orang tua. Hal ini akan lebih aman dibandingkan dibiarkan terbuka begitu  saja.
Pemeliharaan mata dengan sebaik-baiknya perlu diterapkan sejak anak masih kecil. Hal ini sangat berguna bagi perkembangan  dan juga kebiasaan baik terhadap anak nantinya. Sehingga anak-anak akan terjaga  kesehatan matanya dan lebih maksimal melakukan segala kegiatan baik kegiatan dengan mengoptimalkan mata atau tidak.
sumber : klik disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar